bondowosokab.go.id, BONDOWOSO - Kabupaten Bondowoso kembali menorehkan sejarah baru dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dengan diresmikannya Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP). Bertempat di kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Jumat, (22/08/2025).
Acara soft launching ini dihadiri langsung oleh Bupati Bondowoso, H. Abdul Hamid Wahid, M.Ag., beserta Wakil Bupati, As'ad Yahya Syafi'i, S.E. Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Dr. Fathur Rozi, M.Fil.I, Ketua DPRD Bondowoso H. Ahmad Dhafir, Dandim 0822 Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han, Waka Polres, Kompol I Gede Suartik, SH.,MH., Kepala Kejaksaan Negeri Dzakiyul Fikri, S.H., M.H., Asisten Sekretariat Pemkab, Staff Ahli, Kepala DPMPTSP, serta beberapa kepala OPD terkait lainnya.
Dalam sambutannya, Bupati Bondowoso H. Abdul Hamid Wahid, M.Ag. menyampaikan bahwa hadirnya MPP adalah komitmen Pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk menyediakan pelayanan publik yang prima, cepat, mudah, dan terjangkau bagi masyarakat.
Kehadiran MPP Bondowoso Berkah ini adalah langkah konkret kami. Melalui MPP, berbagai layanan dari lintas instansi disatukan dalam satu gedung. Masyarakat tidak perlu lagi berpindah-pindah tempat untuk mengurus dokumen atau layanan. Cukup datang ke satu lokasi, semua kebutuhan dapat terselesaikan dengan lebih efisien, efektif, dan nyaman.
Pernyataan Bupati ini selaras dengan slogan Bondowoso Berkah, yang merupakan akronim dari Berkualitas, Akseleratif, dan Holistik. Slogan ini menjadi semangat sekaligus komitmen Pemerintah Bondowoso dalam menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik.
Bupati berharap, dengan adanya MPP, kualitas pelayanan publik di Bondowoso akan semakin meningkat. Fasilitas yang nyaman, sistem yang terintegrasi, serta pelayanan yang profesional akan menjadi daya dukung terwujudnya pusat pelayanan publik yang membanggakan.
Kepada seluruh petugas pelayanan MPP, Bupati menitipkan pesan khusus. "Setiap masyarakat yang datang membawa harapan besar. Karena itu, berikan pelayanan dengan sepenuh hati. Tunjukkan integritas dalam setiap tindakan, profesionalitas dalam setiap langkah, dan keramahan dalam setiap tutur kata".
Pada kesempatan yang sama, Kepala DPMPTSP dan Tenaga Kerja, Nunung Setyaningsih, menjelaskan bahwa MPP ini menyediakan 17 tenant (penyedia layanan) di Mall Pelayanan Publik (MPP) dan 126 pelayanan dengan rincian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 5 layanan, Dinas Pendidikan 1 layanan, BPJS Ketenagakerjaan 4 layanan, Dinas Kesehatan 3 layanan, Kantor Pelayanan Pajak dan Konsultasi Perpajakan 4 layanan, DPD Jawa Timur 1 layanan, Bapenda 1 layanan, BSBK 6 layanan, Dinas Perkimcitaru 2 layanan, Kantor Pertanahan 1 layanan, BPJS Kesehatan 19 layanan, Polres Bondowoso 1 layanan, Kantor Samsat Bondowoso 1 layanan, Kejaksaan Negeri 3 layanan, Kantor Imigrasi Jember 1 layanan, Kemenag Bondowoso 2 layanan, dan Dinas PMPTSP dan Naker 71 layanan.
Saat ini, MPP menyediakan tujuh belas penyedia layanan. Jumlah ini akan terus dioptimalkan ke depan sesuai kebutuhan dan ketersediaan ruang. Pembangunan MPP di Bondowoso bertujuan utama untuk membantu dan menyederhanakan segala kepentingan masyarakat, khususnya terkait proses perizinan dan layanan publik lainnya, sehingga tercipta efisiensi yang lebih baik bagi seluruh warga.
Tulis Komentar