Gallery

  • Air Terjun Gentongan memiliki air berwarna biru agak kehijauan dan berbuih. Hal ini dikarenakan airnya berasal dari rembesan kawah Ijen yang kaya akan kandungan belerang. Maka dari itu buat Anda yang tidak kuat dengan bau menyengat belerang disarankan untuk memakai masker jika berada di dekat air terjun. Jangan pula terlalu dekat dengan terjunannya, karena cipratan air yang dihasilkan bisa memberikan efek gatal dan perih jika terkena mata.
  • Padepokan Seni Gema Buana merupakan pusat kesenian tradisional yang dikembangkan Bapak Sugeng, S.Sn. Padepokan Seni Gema Buana mengembangkan beragam atraksi kesenian yang ada di Bondowoso, seperti Singo Ulung, Topeng Konah, dan Pojian. Destinasi wisata ini sangat tepat dijadikan referensi wisata edukasi terkait budaya lokal Bondowoso. Pengunjung dapat meminta pertunjukan khusus dengan menghubungi pengelola terlebih dahulu.
  • Desa Wisata Rengganis berada di Desa Gllingseran, Kecamatan Wringin. ¨Desa Wisata Rengganis lekat dengan cerita rakyat tentang jejak Dewi Rengganis yang pernah turun ke sana. ¨Pada waktu tertentu pertunjukan kesenian digelar di salah satu titik yang dianggap pernah menjadi lokasi turunnya Dewi Rengganis. Kesenian tersebut menggambarkan kisah turunnya Sang Dewi bersama pengawalnya ke bumi. Pertunjukan tersebut dipersembahkan untuk Dewi Rengganis dan seluruh masyarakat desa agar segala harapan masyarakat dapat terwujud.
  • Almour merupakan wisata desa yang bisa direkomendasikan untuk menjadi tujuan wisata bersama keluarga. Lokasinya terletak di Desa Alas Sumur Kecamatan Pujer, yang berjarak kurang lebih 14 KM dari pusat kota Bondowoso, atau sekitar 20 sampai 30 menit wisatawan sudah tiba di destinasi wisata tersebut. Almour banyak diminati wisatawan karna memiliki pesona alam pedesaan yang masih sangat asri. Dilokasi sudah banyak sarana perasarana seperti wahana permain anak , gazebo, Bebek Air, Flying Fox,Homestay dan sport-sport selfi yang disediakan oleh pengelolah almour untuk kenyamanan wisatawan.
    Alas Sumur Wisata
  • Bukit Mahadewa merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Kupang, Kecamatan Curahdami. Atraksi utamanya adalah pemandangan puncak perbukitan yang indah dengan latar belakang kota Bondowoso.Pengunjung dapat memanfaatkan properti / bangunan yang terdapat di sana untuk mendapatkan gambar dengan view yang menawan. Bukit Mahadewa juga kerap dikunjungi untuk kegiatan camping.
  • Pemandangan Alam Arak-Arak merupakan destinasi wisata di Bondowoso yang berbatasan dengan Kabupaten Situbondo, menyuguhkan hamparan pemandangan indah hingga ke Laut Jawa (Kab. Situbondo) dari atas perbukitan dengan ketinggian ± 345m Dpl. Ditunjang dengan suasana lokasi yang sejuk, bersih dan nyaman, Objek Wisata Pemandangan Alam Arak-Arak juga kerap dimanfaatkan sebagai rest area bagi para pengendara karena lokasinya berada tepat di tepi jalan
  • P28 merupakan destinasi wisata baru di Bondowoso yang viral dan langsung dapat menarik minat banyak pengunjung untuk datang ke sana. P28 merupakan sebuah bukit di Desa Patirana, Kecamatan Grujugan. Akses menuju lokasi tersebut sangatlah mudah dengan menggunakan sepeda motor atau ojek. Setelah tiba di areal parkir, pengunjung harus melakukan trekking sekitar 1 km mendaki bukit.
    Puncak P28 Wisata
  • uncak Megasari merupakan puncak perbukitan di Kecamatan Ijen yang menyuguhkan pemandangan pegunungan yang memukau. Dari Puncak Megasari, pengunjung dapat melihat sejumlah pegunungan Ijen, hamparan perkebunan kopi dan tanaman lainnya, hingga seluruh Kecamatan Ijen. Pemandangan sunrise di Puncak Megasari sangat menawan sehingga cocok digunakan sebagai camping ground.
  • Gunung Raung merupakan gunung yang memiliki kaldera luas. Kedalaman kalderanya mencapai 500 meter. Puncak Gunung Raung berada pada 3.332 mdpl. Gunung Raung merupakan gunung berapi yang masih aktif dan kerap mengeluarkan asap atau bahkan menyemburkan api sesekali. Letusan terbesar terjadi pada tahun 1638 silam. Gunung Raung merupakan bagian dari komplek pegunungan Ijen. Jalur pendakian dimulai dari Kecamatan Sumberwringin. Biasanya pendaki, mampir ke Kamar Bola yang ada di kecamatan tersebut.
    Gunung Raung Wisata
  • Bosamba Rafting merupakan salah satu destinasi sportventure unggulan Kabupaten Bondowoso, yaitu aktivitas yang menggabungkan unsur olahraga dan petualangan. Bosamba Rafting memanfaatkan aliran sungai Sampean Baru yang merupakan salah satu sungai terbesar di Bondowoso.
  • Air Terjun Blawan letaknya tidak jauh dari Pemandian Air Panas Blawan. Terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Bondowoso. Air terjun Blawan merupakan hilir dari kali pahit rembesan Kawah Ijen yang penuh dengan kadar belerang dan dikelilingi oleh tumbuhan makademia dan lumut. Menariknya, muara alirannya langsung menuju ke dalam tanah seperti air terjun Niagara di Amerika dan pada akhirnya akan bermuara di daerah Asembagus Situbondo. Masyarakat biasanya menyebut air terjun ini dengan air terjun hilang ke bumi.
  • Bendungan Sampean Baru di Desa Bunotan, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Bendungan ini diresmikan pada tahun 1983 dan populer dijadikan tempat wisata karena menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Menurut Water Resources Data Center Kementerian PUPR, bendungan ini terbentang di wilayah sungai Pekalen-Sampeyan, dengan daerah aliran sungai Sampean dan dibangun mulai tahun 1979.
  • Kawah Ijen adalah sebuah kawah gunung berapi di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Berlokasi di bagian timur pulau Jawa, kawah ini terletak di kaki Gunung Ijen, yang merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Kawah Ijen memiliki ketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut dan merupakan kawah terbesar di Jawa Timur.
    Kawah Ijen Wisata
  • Air Terjun Tancak Kembar adalah sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Air terjun ini terdiri dari dua buah air terjun yang berdiri berdampingan, sehingga memiliki nama "Tancak Kembar", yang berarti "air terjun ganda". Air terjun Tancak Kembar memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terletak di tepi hutan, sehingga menawarkan pemandangan alam yang indah.
  • Museum Kereta Api Bondowoso adalah museum kereta api pertama di Jawa Timur. Awalnya, museum ini merupakan stasiun, yaitu Stasiun Bondowoso (Bo). Stasiun Bondowoso dibangun pada tahun 1893 dan diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1897 oleh Staatssporwegen (SS) bersamaan dengan pembukaan jalur kereta api Jember-Kalisat-Bondowoso-Panarukan. Jalur tersebut merupakan kelanjutan dari pembangunan perkeretaapian yang ada yaitu jalur Bangil-Pasuruan-Probolinggo yang beroperasi pada tahun 1884.
  • Kawah Wurung terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, kurang lebih 74 Km dari Pusat Kota Bondowoso. ¨Hamparan perbukitan hijau dan padang rumput yang indah menjadi daya tarik dari Kawah Wurung. “Wurung” dalam bahasa jawa berarti “tidak jadi”. Nama Kawah Wurung sendiri berasal dari salah satu bukit yang memiliki ceruk menyerupai kawah, namun tidak ada kawah di dalamnya.
    Kawah Wurung Wisata