Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen yang menjadi salah satu objek wisata andalan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi Propinsi Jawa Timur resmi dibuka kembali untuk masyarakat dan wisatawan, pembukaan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Bondowoso, Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz, Dandim 0822 Letkol INF JADI, S.I.P,  Sekda Bondowoso Syaifullah, Kepala Balai Besar KSDA Jawa Timur, Kepala Bakorwil Jember, serta perwakilan dari Polres dan Kodim Kabupaten Banyuwangi.

Setelah acara pembukaan TWA Kawah Ijen, Wakil Bupati Bondowoso, Drs. Irwan Bachtiar Rahmat berkesempatan membuka objek Wisata Kawah Wurung di Kecamatan Ijen, dalam kesempatan tersebut beliau menjelaskan” Dasar pembukaan objek wisata ini adalah ditetapkannya Peraturan Bupati (Perbup) tentang new normal. Namun pembukaan objek wisata tetap harus sesuai dengan protokol kesehatan, antara lain pakai masker, wajib cuci tangan, cek suhu dengan thermo gun,” jelasnya.

Wakil Bupati Irwan Bahtiar Rahmad juga mengatakan” Adapun protokol kesehatan secara umum yang harus diterapkan yaitu jumlah pengunjung di suatu objek wisata tidak melebihi dari 50 persen dari total kapasitas harian. Jika di Kawah Wurung kapasitas pengunjungnya 500 orang per hari berarti hanya boleh masuk 250 orang, begitu pula untuk objek wisata yang lain,” Kata Wabup Irwan.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Harry Patriantono  mengatakan” Bahwa selain objek wisata, cafe dan hotel juga telah dibuka. Hari ini kita launching tanpa membayar tiket. Selain itu beberapa kekurangan terkait sarana prasarana protokol kesehatan akan kita lengkapi sesegera mungkin” kata Harry.

Harry Patriantono juga  mengimbau agar seluruh Pedagang Kaki Lima (PKL) dan penjaga objek wisata harus tetap disiplin menjaga kebersihan dan wajib mematuhi protokol kesehatan.” himbaunya.

Berita Terkait