209 Desa se-Kabupaten Bondowoso mengikuti Sosialisasi Pembinaan Pengadaan Barang dan Jasa Desa, di aula Sabhabina I, Rabu (5/11/2019).
Pembinaan tersebut bertujuan untuk memberikan serta meningkatkan Sumber daya Manusia (SDM) tentang pengetahuan pengadaan barang dan jasa yang ada di setiap desa.
Kepala Sub Bagian Pengembangan SDM Pengadaan Barang dan Jasa, Wahlul Abriyono menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan agar pemerintahan desa (pemdes) bisa memahami tatakelola pengadaan barang dan jasa, sesuai perundang-undangan yang berlaku.
“Pembinaan ini kita lakukan untuk mengingatkan kembali utamanya para pelaksana barang dan jasa yang ada di desa agar sesuai dengan regulasi. Sesuai dengan Perbup Nomor 16 Tahun 2018,” jelasnya.
Sosialisasi pembinaan pengadaan barang dan jasa tersebut, imbuh Wahlul, sebelumnya sudah pernah dilakukan. Akan tetapi, saat ini lebih menekankan pada pentingnya regulasi, hal tersebut diharapkan agar semua kegiatan dapat dipertanggung jawabkan sesuai aturan.
“Kegiatan pembinaan ini setiap tahun ada. Namun, karena ini masih bidang baru, kita lebih tekankan lagi,” ucapnya.
Lebih jauh, mantan pegawai Kecamatan Jambesari ini menyebutkan, jika pada tahun-tahun berikutnya akan melakukan upaya lebih, yakni dengan mendatangi setiap desa.
“Kita menunggu peraturan dari LKPP. Setelah itu kita buat Perbupnya, baru kita akan jemput bola dengan melakukan sosialisasi di desa-desa,” imbuhnya
Dirinya berharap, dengan digelarnya sosialisasi ini, dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat.al tersebut dinilai sangat penting, melihat kucuran anggaran dana dari pemerintah kepada Desa sangat besar.
“Dengan anggaran Dana Desa (DD) yang sangat besar, kita harapkan agar masyarakat turut dilibatkan. Tentunya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta potensi di setiap desa,” pungkas Wahlul Abriyono.(kominfo)

Berita Terkait