40 orang dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di kabupaten Bondowoso menjadi peserta Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) di Balai Latihan Kerja (BLK) Kecamatan Tenggarang, mulai tanggal 11 sampai 26 Juli 2018.
Diklatsar yang digelar tersebut merupakan tindak lanjut atas berlakunya Peraturan Menteri PAN-RB nomor 4 tahun 2014 tentang jabatan fungsional Satpol PP.
“Diklatsar ini adalah salah satu syarat untuk diangkat dalam jabatan fungsional Satpol PP. Selain itu, juga karena semakin kompleknya permasalahan di lapangan sebagai penyelenggara Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (KUKM) serta kurangnya pengetahuan tentang peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai payung hukum dalam menjalankan tugas sesuai tupoksinya,” ungkap Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bondowoso,Apil Sukarwan dalam laporannya, Rabu (11/7/2018).
Sementara itu, perwakilan Badan Diklat Propinsi Jawa Timur, Zainal Muttaqien, menuturkan bahwa Diklatsar satpol PP berperan penting dalam peningkatan kompetensi dan profesionalisme anggota satpol PP.
“Jika saudara-saudara mengikuti diklat ini dengan serius, saya yakin akan ada peningkatan kinerja, karena diklat ini menggunakan pendekatan praktis yang mudah diadopsi oleh peserta,” jelas Zainal Muttaqin.
Pada kesempatan yang sama, Kasatpol PP Kabupaten Bondowoso, Aries Agung Sungkowo mengajak seluruh peserta Diklatsar agar mengikuti diklat hingga tuntas.
“Saya berharap semua anggota satpol PP yang kebetulan terpilih menjadi peserta benar-benar serius mengikuti diklat agar dapat memberikan andil terhadap kinerja organisasi,” pungkasnya.

Diklatsar satpol PP kali ini akan berlangsung mulai tanggal 11 – 26 Juli 2018 di Balai Latikan Kerja Pemerintah kabupaten Bondowoso.
Untuk diketahui, pemateri Diklatsar diantaranya Badan Diklat, Polda dan Satpol PP Provinsi Jawa Timur. Sementara, dari Kabupaten Bondowoso sendiri, Kodim 0822 dan Polres Bondowoso juga ikut serta menjadi narasumber dalam Diklatsar kali ini.(kominfo)

Berita Terkait