Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin menyerahkan secara simbolis bantuan dari Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa kepada belasan warga terdampak banjir bandang, di Desa Kalisat dan Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kamis (30/1/2020) di Pendopo.
Bantuan tersebut disebut dengan program cash for work yang baru dicetuskan oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Bantuan yang diberikan senilai Rp250ribu per orang yang rumahnya terdampak banjir bandang.
Bantuan tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat melakukan kerja padat karya, membersihkan lingkungan dan rumah sendiri. Tentunya, juga diharapkan, dapat mempercepat proses pemulihan dan menjamin kehidupan warga yang terdampak banjir bandang.
Disampaikan Bupati Salwa, bantuan yang diberikan oleh Gubernur Jatim ini dapat meringankan beban warga yang terdampak banjir bandang.
”Ini mendapat perhatian penuh dari Ibu Gubernur. Saya berharap apa yang diterima ini hendaknya dimanfaatkan dengan baik,” ungkapnya.
Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Syaifullah menyatakan, bahwa setiap warga terdampak mendapatkan bantuan sosial senilai Rp50ribu per orang setiap harinya. Bantuan itu untuk lima hari.
“Jadi setelah saya hitung tadi kurang lebih anggarannya hampir Rp 124juta. 856 KK yang terdampak itu, kalau saya hitung satu KK tiga orang saja. Tapi tidak untuk anak-anak yang berumur dibawah 10tahun,” jelasnya.
Dilanjutkan Sekda Syaifullah, untuk mengetahui jumlah anggota keluarga di setiap KK terdampak cukup menunjukkan surat keterangan dari Dispendukcapil. Jika, Kartu Keluarga (KK) hilang karena banjir.
“Ini program baru pertama kali di Indonesia,” pungkasnya.(admin)

Berita Terkait