Pasca terjadinya banjir bandang yang melanda Kecamatan Ijen, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim), Emil Dardak meninjau perkembangan pemulihan daerah tweerdampak banjir bandang. Kehadiran beliau, untuk memastikan proses penanganan bencana segera dapat diselesaikan.
“Saya diutus ibu Gubernur untuk menindaklanjuti pasca banjir kedua yang terjadi di Ijen. Bagaimana situasi dan kita ingin mempercepat proses relokasi warga,” tuturnya, Rabu (18/3/2020), di Kecamatan Ijen.
Bantuan penanganan jangka pendek maupun jangka panjang, ditegaskan Wagub Emil, bahwa harus segera tersalurkan.
Untuk bantuan yang bersifat jangka pendek, diantaranya, penyaluran air bersih, perbaikan MCK umum, perbaikan kantor Kecamatan serta Sekolah.
“Pastikan kebutuhan air bersih aman. Proses belajar anak-anak pasca libur juga harus dipikirkan,” ungkap Wagub yang akrab disapa Emil ini.
Sementara, bantuan untuk jangka panjang, disampaikan Wagub Emil, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) segera melakukan normalisasi sungai dan pembangunan DAM pengendali air.
Sedangkan menurutnya, relokasi rumah warga juga perlu dilakukan, sehingga bisa dipastikan aman dari banjir.
“Rumah warga Dusun Kampung Baru akan dipindah ke lahan milik Perhutani. Untuk gedung Kecamatan dan Sekolah akan direlokasi di lahan milik PTPN XII. Untuk itu, Perhutani dan PTPN XII segera menyiapkan lokasi yang aman dari banjir. Proses relokasi memang membutuhkan waktu. Saya berharap bisa segera selesai,” ungkap Wagub Emil.
Sementara, Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat mengungkapkan, warga terdampak banjir bandang ingin segera direlokasi.
“Untuk itu, Pemkab Bondowoso ingin agar Gubernur Jatim segera menyetujui relokasi di petak 103, lahan milik Perhutani petak 103,” pungkasnya.(admin)

Berita Terkait