Bondowoso ( 15/06/2020 ) – Direktur Politeknik Negeri Jember Saiful Anwar, Stp yang juga disaksikan Tjahjo Widodo, SH, M, Hum Bakorwil V Propinsi Jawa Timur menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Bupati Bondowowo KH. Salwa Arifin diruang Peringgitan Pendopo Bupati Bondowoso.
Direktur Politeknik Jember menyampaikan bahwa bantuan tersebut berupa 1 unit Robot penyemprot disinfektan, 100 buah Face Shield dan 100 bungkus beras.
“ Goodbye Covid 19 Robot ( GCR ) yang merupakan hasil Inovasi Karya Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan penyemprotan di dalam gedung, baik perkantoran maupun rumah sakit
Ia menerangkan, saat ini pandemi Covid -19 eskalasinya belum mereda secara keseluruhan. Sehingga kedepan, pihaknya sudah menyiapkan riset dan development untuk robot yang dapat mengantar obat.
“Jadi tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat tidak harus langsung berinteraksi dengan pasien. Cukup dengan perantara robot baik mengantar obat atau fungsi yang lainnya. Sehingga pandemi Covid -19 yang ada di pasien dan lingkungannya dapat di minimalisir sehingga tidak mengkontaminasi tenaga kesehatan dan para dokter yang ada,” jelasnya.
Dia mengatakan, tidak hanya Bondowoso saja yang menerima bantuan ini. Tetapi kabupaten yang lain juga sudah dipersiapkan.
“Kami memproduksi sesuai kebutuhan. Paling tidak untuk rumah sakit daerah. Kebetulan tadi kepala badan koordinator wilayah V Jember yang mengantar. Tentunya kami akan mempersiapkan untuk kabupaten-kabupaten di bawah koordinasi wilayah,” terangnya.
Sementara itu Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin berterimakasih kepada Politeknik Negeri Jember atas bantuan robot ini. Sehingga sangat membantu kerja dalam menjalankan protokol Covid-19.

edy, s

Berita Terkait