Di tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso merencanakan mrmbangun jembatan yang akan menghubungkan antara Desa Pandak dan Desa Cangkring Kecamatan Prajekan.
Pembangunan jembatan tepat di hilir DAM Bluncong yang baru rampung dikerjakan tersebut merupakan upaya Pemkab Bondowoso melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses jalan transportasi.
“Pembangunan jembatan penghubung ini akan dianggarkan pada tahun 2020 ini. Tetapi, hanya untuk kendaraan roda dua saja,” ungkap Sekretaris Dinas PUPR, Mulyadi usai mendampingi Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bondowoso melakukan sidak, Kamis (9/1/2020).
Jembatan yang akan dibangun tersebut merupakan rute yang bisa mempersingkat waktu bagi masyarakat Desa Pandak menuju ke desa seberang, begitu juga sebaliknya.
“Karena memang bukan jalan umum dan merupakan jalan inspeksi irigasi. Jadi, untuk memperpendek waktu, masyarakat nekat menyusuri sungai. Maka dari itu tahun ini, kita bangun jembatan penghubung,” jelas Mulyadi.
Sebelumnya, Komisi III DPRD Kabupaten Bondowoso memberikan evaluasi atas pembangunan DAM Bluncong tersebut. Terutama, agar pihak eksekutif segera membangun jembatan penghubung karena hal itu menjadi kepentingan paling dasar bagi masyarakat disekitar DAM yang rampung ditahun 2019 tersebut.
“Harus segera terakomodir. Paling tidak bisa dianggarkan di PAK tahun 2020 ataupun di APBD induk tahun 2020,” pungkas Wakil Ketua Komisi III DPRD Bondowoso, Kukuh Rahardjo.(kominfo)

Berita Terkait