Aplikasi Sistem Integrasi Kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (SINKA) milik Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bondowoso, dikembangkan dengan ditambahnya beberapa fitur baru. Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja ASN.
Pembaharuan dan penambahan fitur dalam aplikasi SINKA tersebut, disampaikan Kepala Diskominfo Kabupaten Bondowoso, Haeriah Yuliati, dalam rangka meningkatkan kedisiplinan dan keaktifan ASN dalam bekerja. Tentunya, diikuti dengan kesejahteraan para aparatur negara ini.
“Maka dari itu, kita ingin memberikan balance antara kinerja dan kesejahteraan para ASN,” ungkapnya, Selasa (4/2/2020).
Pembaharuan sistem SINKA tersebut diperkuat oleh Kasie Database, Aplikasi Dan Layanan E-Government di Diskominfo Kabupaten Bondowoso, Eka Kusuma Astuti. Dirinya menyebutkan, bahwa ada 3 fitur penambahan dalam aplikasi SINKA yang baru, diantaranya, jadwal shift Satpol PP, hitungan otomatis serta entry keikutsertaan apel.
Bahkan, dengan penambahan 3 fitur tersebut, ada perubahan yang signifikan pada penghitungan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP). Sedangkan, untuk fitur entry keikutsertaan apel digunakan untuk mengidentifikasi ASN yang mengikuti atau tidaknya kegiatan apel.
“Dengan begitu nominal TPP langsung keluar. Bagi ASN yang tidak mengikuti kegiatan apel, akan ada potongan sebesar 2 persen,” jelas Eka, panggilan akrab Kasi Database dan Aplikasi di Diskominfo ini.
Tak hanya itu, pada aplikasi SINKA yang baru itu, menurut Eka, yang awalnya jangka waktu potongan TPP terhitung setiap satu menit menjadi 30 menit. Disampaikannya lagi, admin tak lagi sepenuhnya dipegang oleh Diskominfo, melainkan lebih dikuasai oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD).
“Mulai sekarang, potongannya sebesar 0,5% per 30 menit. Untuk adminnya, dipegang BKD,” pungkasnya.(admin)

Berita Terkait