Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan pencegahan penyebaran virus Corona Virus Disease (COVID-19) dengan menyemprotkan disinfektan secara serentak, Minggu (25/3/2020).
Penyemprotan disinfektan secara serentak tersebut dilakukan menggunakan mobil damkar dan hand sprayer untuk dalam kota, sementara di Kecamatan menggunakan hand sprayer yang di sediakan oleh Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN).
Bupati Salwa melalui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), M Imron menuturkan, bahwa cairan yang disemprotkan berupa disinfektan yang dibuat oleh Puskesmas dengan bahan-bahan berupa Byclean, supersol, clean lantai dan sejenisnya.
“Petugas penyemprotan disinfektan di Kabupaten dilakukan oleh petugas damkar dan relawan sedangkan di Kecamatan dilakukan oleh GAPOKTAN yang diarahkan oleh petugas Puskesmas ,” jelasnya.
Sementara Sosialisasi antisipasi penyebaran COVID-19 dilakukan oleh gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Dengan melibatkan Camat sebagai koordinator dalam gerakan antisipasi penyebaran COVID-19 di tingkat Kecamatan.
“Di tingkat Kabupaten menjadi tanggung jawab gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 sesuai SK Bupati Nomor 188.45/438/430.4.2/2020,” pungkasnya.
Turut hadir dalam pencegahan COVID-19 tersebut, diantaranya, Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, Ketua DPRD, Ahmad Dhafir, Seluruh OPD Pemkab Bondowoso dan Jajaran Kepolisian.(admin)

Berita Terkait