Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu daerah di Jawa Timur (Jatim) yang mendapatkan program Jalan Lain Menuju Masyarakat Sejahtera (Jalin Matra) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim.
Kali ini, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bondowoso, program Jalin Matra diberikan kepada 48 Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) di Desa Patemon Kecamatan Tlogosari, Selasa (2/10/2018).
Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat yang turut hadir serta menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis menuturkan bahwa, program dari Pemprov Jatim tersebut bertujuan untuk menekan angka kemiskinan yang masih tinggi.
“Tolong, kepada penerima agar, bantuan alat untuk usaha ini diterima dan dipergunakan sebaik-baiknya. Dan tentunya, jangan sampai dijual,” ungkap Wabup Irwan dalam sambutannya di Balai Desa Patemon Kecamatan Tlogosari.
Menurut Wabup Bondowoso terpilih periode 2018-2023 ini, program Jalin Matra sengaja dikucurkan dengan alasan Kabupaten dengan sebutan kota tape ini masih belum lepas dari status daerah tertinggal.
“Salah satu faktornya adalah angka kemiskinan. Untuk itu, para penerima program ini diharapkan dapat menggunakan bantuan yang diterima digunakan sebaik-baiknya sehingga masyarakat bisa lebih berdaya perekonomiannya,” tuturnya.
Sementara, Kepala DPMD Kabupaten Bondowoso, Abdurrahman menyebutkan total bantuan program Jalin Matra di Desa Patemon ini, senilai Rp 138 juta.
“Jumlah penerima sebanyak 48 KRTP, masing-masing menerima bantuan alat usaha senilai Rp 2,5 juta,” pungkasnya.

Berita Terkait