Sabtu, 25 Oktober 2014 | 09:46 WIB
Selamat Datang Di Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Bondowoso
You are here: Home » Instansi » Dinas » Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil



Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil :  Drs. HOSNI



 
Visi  
Terwujudnya Pelayanan Prima di Bidang Administrasi Kependudukan
Misi  
1. Memberikan pelayanan yang cepat dan tepat
2. Memberikan data informasi penduduk yang akurat
3. Mewujudkannya kesadaran masyarakat di bidang administrasi kependudukan
Alamat Kantor
Jl. KIS Mangunsarkoro No. 136C Bondowoso
* Struktur Organisasi Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bondowoso
* Jenis Pelayanan Publik Non Perijinan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bondowoso adalah sebagai berikut :
a. Bidang Kependudukan meliputi :
1. Kartu Tanda Penduduk ( KTP )
2. Kartu Keluarga ( KK )
b. Bidang Catatan Sipil, meliputi :
1. Akte Kelahiran Warga Negara Indonesia ( WNI )
2. Akte Kelahiran Warga Negara Asing ( WNA )
3. Akte Perkawinan WNI
4. Akte Perkawinan WNA
5. Akte Perceraian WNI
6. Akte Perceraian WNA
7. Akte Kematian WNI
8. Akte Kematian WNA
9. Akte Pengakuan / Pengesahan Anak WNI
10. Akte Pengakuan / Pengesahan Anak WNA
11. Akte Pengangkatan Anak
12. Catatan Pinggir
* Ketentuan Jenis Pelayanan Bidang Kependudukan

* Ketentuan Jenis Pelayanan Bidang Catatan Sipil

 

A. Persyaratan untuk memperoleh Kartu Tanda Penduduk (KTP):

  1. Surat Pengantar Lurah berdasarkan Surat Pengantar Ketua RT dan Ketua RW
  2. KK
  3. KTP yang akan/telah habis masa berlakunya (untuk perpanjangan)
  4. KTP yang rusak (untuk penggantian KTP yang rusak)
  5. Surat Keterangan dari Kepolisian (untuk penggantian KTP yang hilang)
  6. Akta Kelahiran
  7. Surat nikah / Akta Kawin (bagi penduduk yang belum berumur 17 tahun yang sudah/pernah kawin)
  8. Dokumen imigrasi (paspor atau izin tinggal tetap) bagi Orang Asing tinggal tetap

 

Tata Cara Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

1. Pemohon berkewajiban:

  1. Menyerahkan berkas persyaratan kepada Lurah
  2. Mengisi dan menandatangani Formulir Permohonan KTP (F-1.07)
  3. Menyerahkan Formulir Permohonan KTP (F-1.07)

2. Lurah berkewajiban:

  1. Menyerahkan Formulir Permohonan KTP (F-1.07) kepada pemohon untuk diisi, ditempel foto dan ditandatangani
  2. Melakukan verifikasi dan validasi atas persyaratan memperoleh KTP
  3. Menandatangani F-1.07 dan selanjutnya menyerahkan kepada pemohon untuk disampaikan kepada Camat
  4. Mencatat dalam BHPPK di Kelurahan (BK-1.01)
  5. Semua kegiatan ini diselesaikan paling lama 1 (satu) hari kerja

3. Camat berkewajiban:

  1. Melakukan verifikasi dan validasi atas persyaratan dan mencatat dalam BHPPK di Kecamatan (BK-1.02), serta mencabut KTP lama bagi yang memperpanjang
  2. Menerima pembayaran retribusi dan memberikan tanda bukti pembayaran untuk pengambilan KTP
  3. Melakukan perekaman data, foto, tanda tangan
  4. Menerbitkan dan menyerahkan KTP pada pemohon
  5. Menyetorkan retribusi kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan menerima tanda bukti setoran
  6. Semua kegiatan ini diselesaikan paling lama 1 (satu) hari kerja

4. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil berkewajiban:

  1. Menerima rekaman data dari Kecamatan untuk disimpan pada Bank Data Kependudukan
  2. Menyetorkan retribusi ke Kas Daerah dan menerima tanda bukti setoran

 

Tata Cara Pelayanan Kartu Keluarga (KK)

Pemohon berkewajiban

  1. Menyerahkan berkas persyaratan untuk memperoleh KK WNI kepada Lurah dan KK Orang Asing kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
  2. Mengisi dan menandatangani Formulir Biodata Penduduk untuk WNI (F-1.01) dan Formulir permohonan KK (F-1.06) di Kelurahan atau mengisi Formulir Biodata Penduduk untuk Orang Asing (F-1.02) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  3. Menyerahkan Formulir Biodata Penduduk untuk WNI (F-1.01) dan Formulir permohonan KK (F-1.06) yang sudah ditandatangani Lurah untuk disampaikan ke Camat.
  4. Mengisi Formulir Biodata Penduduk untuk perubahan data / tambahan Anggota Keluarga WNI (F-1.03) apabila terjadi perubahan biodata.
  5. Membuat Surat dengan menggunakan Surat Kuasa Pengisian Biodata (F-1.04) bagi penduduk yang tidak mampu, cacat fisik atau mengalami hambatan lainnya

Lurah berkewajiban:

  1. Menyerahkan Formulir Biodata Penduduk untuk WNI (F-1.01) dan Formulir permohonan KK (F-1.06) kepada pemohon untuk diisi dan ditandatangani.
  2. Melakukan verifikasi dan validasi isian Formulir biodata penduduk dan kelengkapan berkas pendaftaran biodata penduduk.
  3. Menandatangani Formulir (F-1.01), (F-1.03), (F-1.06) dan selanjutnya menyerahkan kepada pemohon untuk disampaikan kepada Camat.
  4. Mencatat dalam BHPPK di Kelurahan (BK-1.01) serta mengarsipkan berkas biodata.
  5. Mencatat dalam BIP WNI (BK-1.09) dan bagi Orang Asing Tinggal Tetap dalam BIP Orang Asing Tinggal Tetap (BK-1.10).

Camat berkewajiban:

  1. Melakukan verifikasi dan validasi kelengkapan berkas pendaftaran biodata penduduk dan mencatat dalam BHPPK di Kecamatan (BK-1.02), serta mencabut KK lama.
  2. Menerima pembayaran retribusi dan memberikan tanda bukti pembayaran untuk pengambilan KK.
  3. Perekaman data kependudukan berdasarkan Formulir (F-1.01), (F-1.03), (F-1.06) di TPDK Kecamatan dan mengarsipkan berkas beserta persyaratannya.
  4. Mengirimkan hasil perekaman data kependudukan ke TPDK Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan menerima kembali hasil pemutakhiran data.
  5. Meneliti hasil pencetakan KK dengan hasil rekaman data.
  6. Menyetorkan retribusi kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan menerima tanda bukti setoran.
  7. Menyerahkan KK lembar pertama kepada pemohon setelah ditandatangani Kepala Keluarga dan Camat, lembur kedua untuk Ketua RT, lembar ketiga untuk Lurah serta lembar keempat untuk arsip Kecamatan

4. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil berkewajiban:

  1. Melakukan verifikasi dan validasi isian Formulir biodata penduduk untuk Orang Asing (F-1.02) dan kelengkapan berkas pendaftaran biodata penduduk
  2. Perekaman data kependudukan berdasarkan (F-1.02) di TPDK Dinas Kependuduakn dan Catatan Sipil dan mengarsipkan berkas beserta persyaratannya
  3. Menerima dan melakukan proses pemutakhiran data kependudukan berdasarkan hasil perekaman data serta mengirimkan ke TPDK Kecamatan setempat
  4. Menerima pembayaran retribusi dari Camat dan memberikan tanda bukti pembayaran
  5. Melakukan proses pencetakan KK dalam rangkap 4 (empat) yaitu lembar pertama untuk pemohon setelah ditandatangani Kepala Keluarga dan Camat, lembar kedua untuk Ketua RT, lembar ketiga untuk Lurah serta lembar keempat untuk arsip Camat
    Menyetorkan retirbusi ke Kas Daerah dan menerima tanda bukti setoran
    Semua kegiatan ini diselesaikan paling lama 4 (empat) hari kerja.

 

* Jumlah Penduduk Kabupaten Bondowoso Tiap Kecamatan Sampai Dengan Tahun 2010

PERSYARATAN PERMOHONAN PENERBITAN

AKTA KELAHIRAN

 

I. AKTA KELAHIRAN UMUM (usia kurang dari 60 hari terhitung sejak lahir)

  1. Surat keterangan lahir dari Desa / Kelurahan (warna hijau), Dokter, Bidan / Penolong kelahiran.
  2. Fotokopi Akta Nikah orang tua / Akta Cerai atau Putusan Pengadilan tentang Perceraian yang bersangkutan (Akta Nikah / Akta Cerai atau Putusan Pengadilan tentang Perceraian Asli harus dibawa)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Nama yang akan dibuat Akta Kelahiran harus sudah tercantum dalam KK.
  4. Fotokopi KTP Orang Tua (Suami + Istri)
  5. 2 (dua) orang saksi (usia saksi minimal 21 tahun) dan Fotokopi KTP saksi.

 

II. AKTE KELAHIRAN DISPENSASI (usia lebih dari 60 hari sampai dengan 1 (satu) tahun sejak terhitung lahir)

  1. Surat Pernyataan tidak memiliki Akta Kelahiran.
  2. Surat Permohonan penerbitan Akta Kelahiran.
  3. Surat Keterangan lahir dari Desa / Kelurahan.
  4. Fotokopi Akta Nikah Orang Tua / Akta Cerai atau Putusan Pengadilan tentang perceraian ysng bersangkutan (Akta Nikah / Akta Cerai atau Putusan Pengadilan tentang Perceraian asli harus dibawa).
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Nama yang akan dibuat akta kelahiran harus sudah tercantum dalam KK.
  6. Fotokopi KTP Orang Tua (Suami + Istri).
  7. 2 (dua) orang saksi (usia minimal saksi 21 tahun dan 15 tahun lebih tua dari yang disaksikan) dan Fotokopi KTP saksi.
  8. Fotokopi Ijasah SD bagi yang memiliki Ijasah.

Catatan : Nomor 1, 2 dan 3 tersedia di Kantor Desa / Kelurahan

 

III. AKTA KELAHIRAN DISPENSASI (usia lebih dari 1 tahun terhitung sejak lahir)

Persyaran sebagaimana Romawi II dan harus disertai dengan Penetapan Pengadilan Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>